Mengenal Hari Lingkungan Hidup 2012


Tema dan Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2012 telah dirilis. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tema dan logo peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2012diperkenalkan oleh United Nations Environment Programme (UNEP), organisasi bentukan PBB yang bertanggung jawab terhadap peringatan Hari Lingkungan Hidup setiap tahunnya.
Pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup (World Environment Day) tahun 2012 ini pun menandai 40 tahun United Nations Environment Programme (UNEP) yang merupakan hasil Konferensi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tentang lingkungan hidup di Stockholm pada tahun 1972.
Tema Hari Lingkungan Hidup 2012. Tahun 2012 ini, peringatan Hari Lingkungan Hidup (World Environment Day) mengambil tema; “Green Economy: Does it include you?“.
Dalam pelaksanaannya di Indonesia, tema Hari Lingkungan Hidup global tahun 2012 ini diadaptasi dalam tema Hari Lingkungan Hidup (World Environment Day) tingkat nasional menjadi “Ekonomi Hijau: Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan”.
Tema ini menyoroti dua hal. Pertama ekonomi hijau adalah penting demi mewujudkan masa depan yang lebih cerah. Kedua, setiap orang baik individu, pemerintah, swasta, maupun masyarakat sipil merupakan komponen penting dalam mewujudkan ekonomi hijau. Tema ini pun erat kaitannya dengan tahun 2012 yang ditetapkan oleh PBB sebagaiTahun Internasional Energi Terbarukan untuk Semua.
Logo Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012
Logo dan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012
Logo Hari Lingkungan Hidup 2012. Hingga saat ini, United Nations Environment Programme (UNEP) telah menyediakan gambar logo dalam 7 bahasa yang berbeda yakni Inggris, Arab, China, Perancis, Portugis, Spanyol, dan Rusia. Logo pun tersedia dalam berbagai format mulai JPG, PNG, EPS, maupun PDF. Logo Hari Lingkungan Hidup 2012 dapat di-download di situs resmi UNEP.
Jika berminat menggunakan logo dengan format EPS dapat pula mengunduh di sini, atau untuk format PNG dapat diunduh di sini. Jika kesulitan baca: Cara Download di 4Shared.
Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2012 ini ditunjuk Brazil sebagai negara tuan rumah (host country).
Daftarkan Aksi. UNEP juga mengundang semua orang di dunia baik secara individu, kelompok masyarakat, LSM, pemerintah, sekolah, kelompok pemuda, kelompok keagamaan, maupun sektor swasta untuk mendaftarkan kegiatan yang diselenggarakan dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup 2012. Pendaftaran kegiatan dapat dilakukan secara online di situs resmi UNEP.
Referensi dan gambar:
  • www.unep.org/wed (Situs resmi Hari Lingkungan Hidup Sedunia)
  • www.menlh.go.id (Situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup RI)