IAAS LC UNS ikuti National Student Environmental Conference 2012




Solo - IAAS LC UNS mengirimkan salah satu wakilnya, Rachmad Adi Riyanto dalam National Student Environtmental Conference 2012 yang diselenggarakan oleh Kompas Kampus dan Tupperware bekerja sama dengan Green Movement Community UNS di Ruang Sidang Gedung C FMIPA UNS. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2012 ini merupakan serangkaian kegiatan bertajuk Inpirational Green Action 2012. Dalam NSEC 2012 ini hadir perwakilan dari beberapa universitas ternama seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) dan tentunya Universitas Sebelas Maret (UNS).
Ada 3 sesi materi dalam konferensi ini, Materi I : Pemuda & Isu Lingkungan dengan Keynote Speaker : Soni L. Tri Bangun (Asisten Deputi II Kementrian Negara Lingkungan Hidup (KLH) Indonesia) dan Speaker : Dr. Prabang Setyono, M.Si (IALHI PUSAT), Materi II : Peran Generasi Muda & Kearifan Lokal dalam Menjaga Alam Indonesia dengan Speaker : Herwin Muttaqin (Yayasan Pengasuh Bumi) dan Materi III : Kolaborasi Pemuda untuk Mewujudkan Eco-Campus dengan Speaker : Lidwina Marcella (KOPHI pusat). Harapannya dengan adanya konferensi ini akan terwujud Eco-campus di kampus-kampus seluruh Indonesia.
Setelah sesi materi dilanjutkan dengan pembahasan mengenai keberlanjutan Forum Kampus Hijau Indonesia (FKHI). FKHI merupakan sebuah wadah kolaborasi bersama mahasiswa Indonesia untuk mewujudkam kampus yang berwawasan lingkungan. Berdasarkan kesepakatan bersama terpilihlah koordinator FKHI periode 2012-2013 yaitu Saddan (UNDIP) dan Agent of Environtment (AOE) masing-masing kampus yaitu Dito (UGM), Wiku (ITB), Riska (UNESA), Tansa (ITS),Liana (UNDIP) dan Adi (UNS). Selain itu, konferensi ini juga menyepakati untuk dilakukannya gerakan Eco-campus di masing-masing kampus peserta.